Sunday, January 19, 2014

Rumah Sederhana Banyak Cahaya

Memiliki rumah sederhana banyak cahaya dan memiliki sirkulasi yang baik adalah pilihan tepat untuk yang memperdulikan kesehatan. Rumah dengan limpahan cahaya membuat penghuninya lebih segar dan bersemangat. Desain rumah seperti ini juga tentunya menghemat pemakaian listrik karena cahaya dari luar dapat dengan mudah masuk kedalam rumah.

Ada beberapa trik dan tips membuat rumah bermandikan cahaya

1. Perlebar ukuran jendela dan pasang lebih banyak kaca.
mengganti pintu dengan yang memiliki kaca dapat membuat beberapa perbedaan. Tidak harus selalu yang bening, kaca mozaik atau bermotif juga mampu menambah cahaya dalam ruangan. Untuk perubahan yang lebih dramatis ganti jendela dengan yang memiliki ukuran kaca lebih besar.

rumah sederhana dengan banyak cahaya

2. Cat rumah
Saat pergantian tahun, pada hari raya atau moment-moment tertentu tidak ada salahnya berencana mengganti warna cat ruangan dengan warna cat yang lebih terang. Misalnya dengan warna abu-abu, biru muda, hijau muda atau ungu muda.



3. Cermin
Fungsi cermin adalah untuk memantulkan cahaya. Dengan memasang lebih banyak cahaya menciptakan ruangan yang lebih terang dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Taruh cermin mengarah pada tempat-tempat yang kurang cahaya tetapi peletakan cermin ini masih memiliki fungsi yang baik misalnya untuk berhias atau bisa juga memilih jenis cermin dekorasi.



4. Geser furnitur besar
furnitur yang besar terutama yang berada di tengah ruangan seperti sofa, lemari, meja atau buffet yang menghalangi cahaya dari luar sebaiknya ditata ulang agar cahaya bisa masuk

memindahkan-furniture yang menghalangi cahaya


5. Penghalang cahaya lain
Setelah membenahi apa yang ada di dalam rumah saatnya mencari penghalang cahaya yang ada diluar rumah. Bisa jadi anda perlu menggeser pot-pot berukuran besar, memangkas pohon yang terlampau besar diluar rumah atau mengganti kanopi dengan yang tembus cahaya.


6. Lampu
Jika tips diatas masih dianggap belum cukup atau anda juga ingin lebih banyak cahaya di malam hari, menggunakan lampu-lampu tambahan bisa dipertimbangkan. Selain menambah keindahan juga meningkatkan keamanan.



Segala yang berlebihan itu tidak baik, memiliki rumah dengan banyak cahaya memang menyenangkan tetapi kalau berlebihan maka justru berpotensi merusak penglihatan. Selamat bereksperimen!