Thursday, February 6, 2014

Tips Desain Tangga Rumah Minimalis

Bagi rumah berlantai 2, adanya tangga adalah bagian yang perlu sekali untuk diperhitungkan. Karena tangga merupakan salah satu bagian interior di dalam rumah dan sebagai akses untuk menuju ke lantai atas. Namun tangga tidak hanya berfungsi sebagai jalur menuju lantai atas saja. Tangga juga merupakan bagian dari dekorasi rumah. Desain tangga rumah juga mulai diperhitungkan modelnya. Tetapi tidak hanya dinilai dari segi penampilannya saja. Tangga rumah juga perlu diperhatikan dari material yang digunakan untuk keamanan. Tidak menjadi masalah jika tangga rumah dibuat dari bahan material yang mahal sekalipun. Asalkan kualitas dari tangga tersebut baik yang dapat digunakan untuk waktu yang lama.







Misalkan saja jika ingin desain tangga rumah dari kayu, anda bisa pilih tangga yang terbuat dari kayu jati, kayu mahoni, damar laut, merbauk, sonokeling, kamper, maupun dari sangon. Kayu-kayu tersebut memiliki ketahanan yang lama. Namun diantara pilihan kayu tersebut, kayu ulir, jati, dan merbau merupakan pilihan kayu yang banyak dipilih orang. Karena ketiga kayu tersebut terbukti kuat dan juga tahan lama. Terlebih untuk tangga. Sedangkan bila anda ingin memilihi tangga rumah dari logam, pilihlah yang memiliki ketebalan yang ideal dan juga tidak gampang berkarat.

Desain tangga rumah sekarang ini banyak mengalami perubahan dan inovasi. Bentuknya pun disesuaikan dengan konsep dari rumah tersebut. Jadi terlihat lebih selaras dan juga indah dilihat. Misalkan saja untuk rumah minimalis. Desain tangga rumah minimalis 2 lantai mengedepankan konsep sederhana. Jadi di sini tangga rumah minimalis tidak menggunakan terlalu banyak aksen. Kadang kala di beberapa rumah yang menggunakan konsep minimalis, desain tangganya hanya berupa pijakan kaki saja atau anak tangga saja. Untuk pegangan tangannya dihilangkan. Memang terlihat lebih sederhana dan juga simpel. Namun jika dilihat dari segi keamanan kurang.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang mencari desain tangga rumah ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Faktor pertama yang harus diperhatikan adalah model dan juga desainnya. Banyaknya ragam model dan desain tangga pastinya membuat anda pusing memilihnya. Oleh karenanya anda perlu memperhatikan denah rumah anda. Sehingga dengan begitu anda dapat melihat letak tangga yang akan dibuat dan sudah dapat menentukan model tangga yang cocok. Lalu fungsi dan juga keamanannya. Jangan hanya pikirkan fungsinya dan melupakan keamanannya. Yang terakhir adalah kualitas. Kualitas tangga sudah disebutkan sebelumnya dan harus dapat perhatian yang lebih karena berhubungan dengan segi keamanan.



Biasanya untuk desain tangga rumah orang lebih banyak memilih yang menggunakan bahan semen yang dilapisi dengan keramik. Namun untuk konsep minimalis kurang tepat. Karena terlalu banyak makan tempat dan juga bahan. Anda dapat mensiasatinya dengan bentuk tangga yang melingkar yang terbuat dari besi. Desain tangga rumah sederhana seperti ini cocok untuk rumah yang minimalis modern. Namun kelemahan dari tangga ini adalah jika terkena air akan licin sehingga berbahaya. Jadi memilih desain tangga juga perlu memperhatikan tingkat keamanannya.