Tuesday, April 1, 2014

Desain Rumah minimalis etnik Jawa

Desain rumah minimalis etnik biasanya dipilih oleh beberapa orang yang menyukai seni, desain ini dipilih untuk menunjukkan identitas pemilik rumah. Ada juga alasan untuk melestarikan rumah adat sehingga mereka mengaplikasikan hunian etnik jawa minimalis dengan gaya lebih modern tanpa meninggalkan unsur fillosofi rumah etnik jawa yang sebenarnya. Desain rumah tradisional seperti rumah joglo banyak menggunakan unsur kayu sebagai unsur utama karena dengan pemilihan unsur kayu, rumah akan lebih sejuk dan hangat sesuai tingkat tingakatan cuaca. Perpaduan model minimalis etnik sifatnya selalu bisa mengikuti perkembangan trend desain rumah yang berganti-ganti. Inilah keistimewaan rumah dengan menggunakan desain modern etnik pada desain rumah minimalis etnik Jawa.
rumah minimalis etnik

rumah minimalis etnik

rumah minimalis etnik

rumah minimalis etnik

Untuk hunian modern masa kini, penerapan rumah minimalis dengan sentuhan etnik jawa akan semakin menampilkan nilai intrinsik dari keindahan rumah tersebut. desain rumah minimalis etnik dapat menambahkan aksen futuristik yang kental nuansa rumah jawa, bentuk atap rumah dengan model limasan, model atap joglo, beranda rumah dengan teras nuansa jawa dan sebagainya. Dapat pula menggunakan aksesoris ukiran jepara atau pintu rumah dengan menggunakan model gebyog. Maka akan muncul suasana romantisme masa kecil dengan pintu vintage klasik. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menambah kesan nuansa jawa meskipun ukuran rumah cukup minimalis.sehingga tidak mengharuskan menambah luas bangunan untuk mempunyai rumah minimalis etnik Jawa, karena jika merujuk rumah kuno jawa terdiri dari ruang-ruang dengan fungsi masing-masing sehingga rumah tersebut cukup besar. 

Untuk memperkuat kesan rumah jawa, menambahkan aksesoris rumah pada interior rumah seperti lemari, kursi ruang tamu dengan menggunakan kursi ruang tamu vintage warna alami kayu, penggunaan sekat pemisah ruang tamu dengan ruang keluarga menggunakan ukiran jawa dan sebagainya. Rumah minimalis etnik akan lebih indah dengan menambahkan pagar minimalis dari kayu, selain berfungsi melindungi rumah dan aspek keamanan, ornamen pagar kayu rumah jawa akan memperkuat kesan jawa dizaman yang serba modern dan model rumah modern. Pagar kayu tersebut membuat rumah semakin eksotis tampak dari luar. Dengan sedikit sentuhan etnik tapi maksimal akan menghadirkan nuansa rumah etnik minimalis mempesona di hunian Anda.